Andromeda

Separuhmu akan selalu berada di palung tata surya ingatanku yang terjauh melebihi Andromeda. Tersimpan di dalam kotak mahoni yang kuncinya kubuang di tempat yang tidak bisa aku ingat. Berjejal dengan partikel-partikel pengendali perasaan yang pernah kugunakan untuk menahan segala gejolak rasa padamu.

Aku tidak akan pernah mengembalikan separuhmu itu atau meminjamkannya pun sebentar. Aku telah menguncinya rapat-rapat di dalam kotak ujung palung. Menjadikannya benda museum saat aku ingin menjelajah masa lalu.

Kau boleh saja berlutut memohon agar aku memasangkan kembali separuhmu pada separuh lainnya, namun aku tidak akan bersedia. Anggap saja ini karma yang kau terima karena ceroboh memberikanku yang terpenting dari dirimu dan lalu pergi begitu saja.

Aku menganggap ini investasi. Agar sewaktu-waktu apabila kau membutuhkan separuh dari dirimu, atau saat kau kelelahan berlari mengejar ambisimu, kau akan datang dan meminta saluran energi dari pipa-pipa kecil di urat nadiku.

Namun nantinya untuk mencapaiku kau harus melampaui tata surya melampaui Andromeda, karena aku sudah berlari terlalu jauh setelah bertahun-tahun jatuh bangun berusaha melepaskan semua.

Semoga kau bahagia.